Harahap, Nurlaila (2019) Hubungan perhatian orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa di Pondok Pesantren Nurul Huda Bangai Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar, banyak orangtua yang merasa tanggung jawabnya selesai dengan menyekolahkan anaknya, dan guru yang kurang memotivasi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama apakah ada hubungan yang signifikan perhatian orangtua dengan prestasi belajar matematika siswa, yang kedua apakah ada hubungan yang signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa, dan yang ketiga apakah ada hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua dan motovasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini yang pertama untuk mengrtahui hubungan perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa, yang kedua untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa, dan yang ketiga untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ekspost-facto. Adapun populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII MTs Nurul Huda Bangai yang berjumlah 120 siswa, dan metode pengambilan sampel yaitu simple random sampling yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis dengan menggunakan metode analisis korelasi dan analisis regresi melalui bantuan aplikasi IBM SPSS versi20. Hipotesis pertama menunjukkan hubugan yang signifikan dari perhatian orangtua dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Nurul Huda Bangai dengan rhitung>rtabel(0,669>0,361) dan Fhitung>Ftabel (22,626 > 4,20), dan memberikan kontribusi sebesar 44,7%. Hipotesis kedua menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dari motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs. Nurul Huda Bangai dengan rhitung> rtabel (0,593>0,361) dan Fhitung>Ftabel (15,178>4,20), dan memberikan kontribusi sebesar 35,2%. Hipotesis ketiga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dari perhatian orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Nurul Huda Bangai dengan rhitung>rtabel (0,661>0,361) dan Fhitung>Ftabel (11,651>3,35) dan memberikan kontribusi sebesar 46,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Zulhammi, M.Ag.,M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Perhatian; Orangtua; Motivasi; Prestasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 24 Apr 2020 04:21 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 07:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/937 |
Actions (login required)
View Item |