Siregar, Rini Afriani (2023) Penerapan model pembelajaran project based learning berbantu media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik di Kelas IV SD 101244 Muhammadiyah Parsorminan Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500127.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena kurangnya penggunaan model dan media pmbelajaran sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Termasuk mengenai materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada pembelajaran IPA. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara belajar siswa didalam kelas pada pembelajaran IPA yang masih monoton dan masih terpokus ke pada guru. Minimnya ketertarikan peserta didik dalam proses pembelalajaran karena kurang bervariasi menggunakan metode pembelajaran, ketika pembelajaran berlangsung sehingga membuat siswa merasa bosan, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, sehingga peserta didik kurang aktif saat proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Peneliti mencari model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA di kelas IV SD 101244 Parsorminan Tapanuli Selatan, melalui Penerapan model Project Based Learning berbantu media gambar dengan tema 3 peduli terhadap makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kaloborasi dengan guru wali kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Parsorminan Tapanali Selatan, dengan subjek penelitian kelas IV yang berjumlah 12 siswa. instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan butir soal. Analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model Project Based Learning berbantu media gambar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 orang dengan persentase ketuntasan 41,67% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 orang dengan presentase 58,33%. Siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang dengan presentase 58,33% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang dengan presentase 41,67%. Pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang dengan presentase 75% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan presentase 25%. Sedangkan pada siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang dengan presentase 91,67% dan jumlah yang tidak tuntas sebanyak 1 orang dengan presentase 8,33%. Selisih antara nilai presentase dari siklus I dengan siklus II yaitu 34,33. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menerapkan model Project Based Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan Syafrilianto, M.Pd. |
Keywords: | Model project based learning; Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 04:08 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 04:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9310 |
Actions (login required)
View Item |