Sulasih, Dhian (2023) Penerapan metode demonstrasi untuk peningkatan keterampilan pelaksanaan fardhu kifayah siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100070.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan kemampuan siswa dalam keterampilan pelaksanaan fardhu kifayah tentang menshalatkan jenazah yang disebabkan penerapan metode yang kurang efektif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pencapaian indikator Siklus I dan Siklus II pada mata pelajaran fardhu kifayah (menshalatkan) setelah menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Padang Lawas? Metode pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran fardhu kifayah materi menshalatkan jenazah ialah metode demonstrasi, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pelaksanaan fardhu kifayah (menshalatkan) oleh siswa. Pada penelitian ini metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru mata pelajaran Fikih kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Padang Lawas dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Tes praktek, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada pokok bahasan fardhu kifayah (menshalatkan) dalam peningkatan keterampilan pelaksanaan menshalatkan jenazah pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Padang Lawas pada mulanya dapat dinilai dengan cukup. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadikan kemampuan siswa terus meningkat pada pokok pembahasan fardhu kifayah (menshalatkan). Langkah awal pada prasiklus dengan jumlah siswa keselurahan sebanyak 23 orang, namun jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa dengan persentase 21,73% dengan nilai rata-rata 66,30. Pada siklus I pertemuan I hasil belajar dan kemampuan siswa mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 dengan persentase 26,08%. Pada siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dengan persentase 43,47%. Pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dengan persentase 65,21%. Pada siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa dengan persentase 82,60%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Asfiati, S.Ag. M.Pd. dan Muhlison, M.Ag. |
Keywords: | Menshalatkan jenazah; Metode demonstrasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 03:26 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 03:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9291 |
Actions (login required)
View Item |