Siregar, Yeni Puspita Sari (2023) Peranan guru asrama dalam meningkatkan pengamalan salat berjama’ah santri di Pondok Pesantren Baitur Rahman Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100073.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah tentang kegiatan salat fardhu wajib berjama’ah yang sangat diterapkan dan diwajibkan bagi santri/ah di pondok pesantren Baitur Rahman.Namun di zaman sekarang nilai-nilai keagamaan santri/ah sendiri semakin merosot bahkan untuk melaksanakan salat wajib berjama’ah banyak alasan untuk tidak mengerjakannya.Maka peran guru asrama sangat dibutuhkan, karena guru asrama adalah pendidik yang paling dekat dengan keseharian santri/ah sehingga bisa memantau kegiatan sehari-hari santri/ah termasuk perihal salat. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: bagaimana peranan guru asrama dalam meningkatkan pengamalan salat berjama’ah santri di pondok pesantren Baitur Rahman. Apa saja metode guru asrama dalam meningkatkan pengamalan salat berjama’ah santri, serta apa saja kendala yang dialami guru asrama dalam meningkatkan pengamalan salat berjama’ah santri di pondok pesantren Baitur Rahman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan seorang guru asrama dalam meningkatkan pengamalan salat berjama’ah santri kemudian untuk mengetahuai apa saja metode yang dilakukan guru asrama dalam meningkatkan pengamalan pelaksanaan salat berjama’ah santri serta untuk mengetahui apa saja kendala guru asrama dalam hal meningkatkan pengamalan salat berjama’ah santri di pondok pesantren Baitur Rahman. Adapun jenis penelitian dan metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan instrument pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi serta dokumentasi, subjek penelitian adalah informan, yang artinya berada pada latar penelitian yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru asrama sangat diperlukan bagi sebuah pondok pesantren maupun sekolah berbasis agama. Guru asrama yang bertugas sebagai tangan kanan pimpinan dan orang tua kedua bagi santri/ah menjalankan perannya dengan baik untuk mendidik, mengontrol serta memantau kegiatan santri/ah termasuk perihal salat berjama’ah. Metode yang dilakukan guru asrama untuk meningkatkan pengamalan salat berjama’ah santri di pondok pesantren Baitur Rahman adalah metode pembiasaan, keteladanan, ceramah serta metode pemberian hukuman.Kendala guru asrama untuk meningkatkan pengamalan salat adalah dikarenakan minat santiah rendah dalam hal beribadah, kurangnya sarana dan prasarana serta minimnya guru asrama di pondok pesantren Baitur Rahman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lazuardi, M.Ag. dan Muhlison, M.Ag. |
Keywords: | Salat wajib berjama’ah; Guru asrama; Santri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 04:25 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 04:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9281 |
Actions (login required)
View Item |