Fadilah, Hamni (2023) Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Desa Gunung Baringin Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200189.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah pasien kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Puskesmas, ada yang mempermasalahkan tentang kualitas pelayanan dari pihak Puskesmas baik dari sikap perawat kepada pasien yang kurang ramah tamah, ada juga yang mempermasalahkan fasilitas yang kurang lengkap seperti peralatan untuk gigi dan lokasi yang lumayan jauh dari beberapa desa di kecamatan Panyabungan Timur. Jika pihak Puskesmas memberikan pelayanan yang bagus terhadap pasien, maka pasien akan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan, bukan hanya itu fasilitas juga berpengaruh terhadap kepuasan pasien, seperti kelengkapan alat-alat medis dan juga obat-obatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan, fasilitas, lokasi, dan kepuasan pasien. kepuasn pasien adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah populasi 10.652 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 99 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kebetulan saja. Sumber data yaitu data primer dan data skunder. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi R square, uji hipotesis (uji t dan uji F) dengan menggunakan SPSS Versi 23. Berdasarkan hasil penelitian pada variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Pada variabel fasilitas berpangaruh terhadap kepuasan pasien. Pada variabel lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hasil uji secara simultan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi secara simultan terhadap kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si. dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E. |
Keywords: | Kualitas pelayanan; Fasilitas; Lokasi; Kepuasan pasien |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 02:10 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 02:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9277 |
Actions (login required)
View Item |