Aisyah, Siti (2023) Pengembangan media audio visual untuk peningkatan nilai-nilai kebersihan pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidiyah Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa pada materi tentang Nilai-Nilai Kebersihan masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media yang tepat dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa bosan, cenderung sering mengantuk, tidak menyukai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan menganggap Ilmu Pengetahuan Alam adalah pelajaran yang sulit. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan media pembelajaran yang menarik untuk membuat suasana pembelajaran siswa menjadi lebih aktif serta dapat merangsang imajinasi siswa yaitu berupa media audio visual tentang Nilai-nilai Kebersihan Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana validitas dan praktikalitas, media pembelajaran audio visual untuk peningkatan nilai-nilai kebersihan pada pembelajarn tematik di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan, media pembelajaran audio visual untuk peningkatan nilai-nilai kebersihan pada pembelajarn tematik di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan dengan subjek uji coba produk dikelas V.B berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara, dan observasi serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator dari 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 79% (valid), ahli media sebesar 80% (valid), dan ahli bahasa sebesar 86% (sangat valid), hasil persentase keseluruhan validator ahli sebesar 81,6% dengan kategori sangat valid. Kemudian hasil respon siswa terhadap media pembelajaran audio visual yang dikembangkan dinyatakan praktis melalui lembar angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 85%, artinya adanya peningkatan yang signifikan sebelum menggunakan media pembelajaran audio visual dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual yang dikembangkan adalah efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Magdalena, M.Ag. dan Hj. Hamidah, M.Pd. |
Keywords: | Video animasi; Pemahaman konsep siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 03:16 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 03:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9257 |
Actions (login required)
View Item |