Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Paranginan di Desa Kayulaut

Sobirin, Ahmad (2023) Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Paranginan di Desa Kayulaut. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200257.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tanggapan konsumen yang mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan yang kurang cepat dan kurang tanggap dalam melayani konsumen, sehingga tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Kemudian harga yang disediakan rumah makan Paranginan relativ mahal, sehingga konsumen akan berpikir untuk berbelanja kembali. Dan lokasi yang tidak luas sehingga ketika hendak memarkirkan kendaraan akan sulit apalagi ketika pemasokan barang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan Paranginan yang berada di Desa Kayulaut. Pembahasan pada penelitian berkaitan dengan kualitas pelayanan, harga, lokasi dan kepuasan konsume. Sehubungan dengan hal itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan, harga, lokasi dan kepuasan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan kuesioner/angket. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental dengan jumlah sampel 91 orang yang ditentukan dengan rumus Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif statistik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji parsial (t), uji simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2). Untuk mempermudah proses analisis data penelitian ini maka dibantu dengan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kulitas pelayanan tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan Paranginan, yang dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (0,101 < 1,66256). Harga berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan Paranginan yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (5,150 > 1,66256. Lokasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan Paranginan yang dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (1,203 < 1,66256). Dan secara simultan kualitas pelayanan, harga, dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen rumah makan Paranginan yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (14,699 > 2,71).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A. dan Ja’far Nasution, M.E.I.
Keywords: Kualitas pelayanan; Harga; Lokasi; Kepuasan konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:17
Last Modified: 12 Sep 2023 03:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9230

Actions (login required)

View Item View Item