Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Etika bisnis Islam terhadap bisnis multi level marketing TIENS di Kota Padangsidimpuan

Rahman, Pijai Taufikur (2023) Etika bisnis Islam terhadap bisnis multi level marketing TIENS di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasari pada suatu fenomena berupa aktivitas bisnis yang banyak menimbulkan permasalahaan terkait kebiasaan seseorang dalam bisnis, banyak kalangan masyarakat beranggapan negatif bahwa Bisnis Multi Level Marketing dipandang dapat merugikan serta melanggar norma-norma yang berlaku pada perilaku pelaku bisnis. Peneliti mengkaitkan Etika Bisnis Islam sebagai patokan untuk melihat dilapangan, menganalisis kebiasaan distributor dalam menerapkan bisnisnya. Terkait pengesahaan sertifikat halal dan syariah oleh DSN-MUI Sudah Terbukti dari pengesahan sertifikat halal produk dan sertifikat penghargaan yang dibuktikan dari pembagian bonus kepada distributor, reward, bonus berjenjang, produknya halal, kode etik perusahaan dan dokumen lainnya.. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam yang diajarkan Rasulullah SAW prinsip-prinsip etika bisnis islam Seperti Siddiq (Jujur), Amanah (Terpercaya), Tabliq (bertanggung jawab), Fathanah (cerdas), serta prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam lainnya. Fokus peneliti saat ini terkait dengan sistem yang digunakan perusahaan TIENS dikaitkan dengan Etika Bisnis Islam penelitian ini bermaksud untuk mejawab permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui dan Memahami Sistem pelaksanaan Multi Level Marketing TIENS di kota Padangsidimpuan di tinjau berdasarkan Etika Bisnis Islam. Penelitian ini berjenis metode Peneltitain Kualitatif deskriptif, dimana peneliti menggunakan wawancara terstruktur memuat pertanyaan-pertanyaan tertentu supaya terarah hasil yang didapatkan, pengumpulan data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang digunakan perusahaan TIENS sudah sesuai, baik itu Penjualan Langsung Berjenjang Syariah maka dari itu Disahkan oleh DSN-MUI langsung, Namun dalam kebiasaan distributor TIENS ada beberapa Okmum-oknum didalamnya yang tidak menerapkan Etika Bisnis Islam yang diajarkan rasulullah serta melanggar kode Etik perusahaan. Etika yang dilanggar yaitu terdapat pada Prinsip kejujuran dan prinsip Tabliq (menyampaikan). Contohnya seperti distributor menaikan harga produk dan ada juga distributor TIENS yang mengecer produk TIENS yang tidak sesuai dengan peraturan kode etik Perusahaan TIENS. Sebagian distirbutor TIENS Di Kota Padangsidimpuan melanggar ketentuan tersebut, supaya target Penjualan dan Perkembangan dapat tercapai. Padahal, cara seperti itu sudah menyalahi aturan dalam memperoleh bisnis yang berkah. APLI kurang mengawasi secara detail perkembangan Distributor TIENS di Kota Padangsidimpuan, Distributor TIENS kurang memahami dan menerapkan Etika Bisnis Islam yang diajarkan Rasulullah SAW dalam berbisnis/Usahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Arbanur Rasyid, M.A. dan Sarmiana Batubara, M.A.
Keywords: Etika bisnis Islam; Sistem multi level marketing TIENS
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Sep 2023 08:44
Last Modified: 05 Sep 2023 08:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9192

Actions (login required)

View Item View Item