Sapitri, Adelina (2023) Peran guru dalam mengembangkan motoric halus pada anak usia dini melalui kegiatan menggambar di PAUD Nurul Ilmi Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820600019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah peseta didik banyak yang belum mahir dalam menggerakkan otot-otot geraknya atau motorik halusnya. Motorik halus adalah koordinasi yang menghasilkan gerakan-gerakan halus pada peserta didik di PAUD Nurul Ilmi Kelurahan Longat masih terdapat anak-anak yang kurang aktif dalam belajar otot tangan atau kelunturan tangan serta kurang aktif dalam kegiatan menggerakkan otot-otot kecilnya seperti menggambar, menggunting ,menulis, meremas dan lainnya. Kegiatan menggambar adalah kegiatan yang menggunakan motorik halus karena peserta didik akan menggemgam, menggambar, mewarnai dan mencoret-coret yang akan mendukung perkembangan motorik peserta didik khususnya anak usia 5-6 tahun. Rumusan masalah (1) Bagaimana peran guru mengembangkan motorik halus pada peserta didik melalui kegiatan menggambar, (2) Bagaimana cara guru dalam mengembangkan motorik halus pada peserta didik melalui kegiatan menggambar. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran guru mengembangkan motorik halus pada peserta didik melalui kegiatan menggambar, (2) untuk mengetahui cara guru dalam mengembangkan motorik halus pada peserta didik melalui kegiatan menggambar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan data menggunakan triangulasi. subjek penelitiannya adalah guru dan siswa PAUD Nurul Ilmi Longat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah sebagai pembimbing yaitu membimbing dan mengarahka siswa, sebagai fasilitator adalah menyediakan alat dan media menggambar. Sebagai motivator adalah memberikan motivasi ataupun dorongan kepada peserta didik serta memberikan penguatan. Sebagai evaluator guru mengadakan evaluasi melalui kegiatan menggambar dengan melihat sejauh mana perkembangan motorik halus peserta didik. Adapun cara guru mengembangkan motorik halus peserta didik adalah memilih metode-metode yang sesuai untuk mengembangkan motorik halus seperti metode pemberian tugas, metode tanya jawab, demonstrasi dan bermain, menyediakan alat dan bahan, memberikan pengarahan atau penjelasan kepada peserta didik melakukan evaluasi terhadap perkembangan motorik halus peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd. dan Rahmadani Tanjung, M.Pd. |
Keywords: | Peran guru; Motorik halus; Kegiatan menggambar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 03:19 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 03:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9178 |
Actions (login required)
View Item |