Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan minat beli pada PT. Putra Surya Jaya Raya Kota Padangsidimpuan

Siregar, Harry Fahlefi (2023) Determinan minat beli pada PT. Putra Surya Jaya Raya Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200354.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi jumlah penjualan pada PT. Putra Surya Jaya Raya Kota Padangsidimpuan, diketahui bahwa terjadinya peningkatan penjualan dari tahun 2018 ke tahun 2019 dari mulai total penjualan 1.880 unit sampai dengan 2.265 unit. Tetapi di tahun 2020 sampai dengan 2021 terjadi penurunan di masa pandemi COVID-19 dengan jumlah penjualan 1.665 unit hingga 1.400 unit Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kualitas produk, harga, dan merek secara parsial dan simultan terhadap minat beli pada PT. Putra Surya Jaya Raya Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan merek terhadap minat beli pada PT. Putra Surya Jaya Raya Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan minat beli, kualitas produk, harga, dan merek. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas produk, harga, merek, dan minat beli. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 69 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner), dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, uji koefisien determinasi (R2), uji signifikansi parsial (t) dan uji simultan (F), dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) variabel kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli pada PT. Putra Surya Jaya Raya, ada pengaruh harga terhadap minat beli pada PT. Putra Surya Jaya Raya, ada pengaruh merek terhadap minat beli pada PT. Putra Surya Jaya Raya. Hasil ( uji F ) kualitas produk, harga, dan merek berpengaruh secara simultan terhadap minat beli pada PT. Putra Surya Jaya Raya. Kualitas produk, harga, dan merek memberikan pengaruh sebesar 41,4 % terhadap minat beli pada PT. Putra Surya Jaya Raya sedangkan 58,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si.
Keywords: Harga; Kualitas produk; Merek; Minat beli
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:50
Last Modified: 10 Aug 2023 01:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9071

Actions (login required)

View Item View Item