Tarigan, Era Riana (2018) Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca AL-Qur’an di SD IT Bunayya Padangsidimpuan khususnya untuk kelas III SD, peran guru dalam, mendidik, membimbing, dan melatih anakanak untuk lancar membaca AL-Qur’an sesuai dengan makhrijul huruf dan tajwidnya. rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca AL-Qur’an,serta apa saja faktor pendukung dan penghambat anak-anak dalam membaca Al-Qur’an, dan solusi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca ALQur’an. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan secara deskriptif tentang peran seorang guru pendidikan agama Islam dalam menjalankan tugasnya untuk meningkatkan kemampuan membaca AL-Qur’an pada anakanak di SD IT Bunayya Padangsidimpuan khusus pada kelas III, dan untuk mengetahui peran apa saja yang diterapkan dalam proses pembelajaran berlangsung dan bagaimana taraf keberhasilan guru pendidikan agama Islam dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya serta menganalisa dengan menggunakan logika ilmiah, dan menggunakan metode deskrpitif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara . Hasil yang diperoleh setelah dilakukan penelitian ini adalah sebagai seorang guru pendidikan agama Islam telah melaksanakan peranannya dengan baik dan berhasil dalam proses pembelajaran dengan mengunakan beberapa cara yaitu pemberian motivasi, dan pemberian hadiah kepada peserta didik, serta memberikan perhatian khusus kepada peserta didik yang masih lemah kemampuan membacanya, dan mengunakan metode yang tepat dalam proses pembelajaran yang relevan dengan kondisi siswa. Adanya kerja sama antara guru dan para orang tua dalam mendidik anak-anak untuk gemar membaca AL-Qur’an, merupakan salah satu usaha yang dilakukan pihak sekolah untuk sama-sama mendidik anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Guru PAI; Membaca Al-Qur'an |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 08:54 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 04:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/907 |
Actions (login required)
View Item |