Nasution, Yulia Safitri (2023) Strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan daya saing pada Percetakan Alta Grafika Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1740200107.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Percetakan Alta Grafika adalah salah satu percetakan yang berkembang di dunia jasa desain pengadaan barang promosi dan sablon, banyaknya perusahaan sejenis yang muncul membuat percetakan Alta Grafika Padangsidimpuan sulit untuk mempertahankan posisi produknya karena persaingan industri yang semakin ketat, pandemi covid-19 mengakibatkan penjualan produk percetakan Alta Grafika padangsidimpuan mengalami penurunan dan juga harga bahan baku pembuatan percetakan seperti kertas, banner, dll, yang semakin melambung tinggi membuat percetakan harus mampu membuat harga bersaing dengan pesaing lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan daya saing dan kendala yang dihadapi percetakan Alta Grafika Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi bauran pemasaran meningkatkan daya saing, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi bauran pemasaran yang membahas tentang pengertian, jenis-jenis, dan daya saing. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pimpinan, 2 karyawan dan 4 orang konsumen, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang digunakan adalah bauran pemasaran 7P, product(produk), price (harga), place (tempat) , promotion (promosi), people (orang), process (proses), dan physical evidance (bukti fisik). Dan dalam pelaksanaannya percetakan Alta Grafika Padangsdimpuan memberikan produk yang berkualitas, harga yang kompetitif, tempat yang strategis serta melakukan promosi melalui media sosial, pelayanan yang ramah, serta tempat yang nyaman. Kendala yang dihadapi dalam meningkatkan daya saing yaitu pesaing yang sejenis, ketersediaan bahan baku kertas yang sulit didapat secara cepat dan harga bahan baku yang tinggi atau melonjak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Sry Lestari, M.E.I. |
Keywords: | Strategi; Bauran pemasaran; Daya saing |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 08:27 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 08:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9044 |
Actions (login required)
View Item |