Ropianna, Desi (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika dengan pendekatan REACT (relating, experiencing, applying, cooperating and transferring) memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa di SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena belajar masih menggunakan cara mengajar konvesional yakni pembelajaran yang berpusat pada guru. Sehingga tidak memberikan kesempatan yang luas kepada peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Kemampuan pemehaman konsep sangat penting dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran matematika, karena ketika mempelajari matematika siswa harus memahami konsep matematika terlebih dahulu agar dapat menyelesaikan soal-soal dan mampu mengaplikasikan pembelajaran tersebut di dunia nyata. Pemahaman konsep merupakan langkah awal yang harus dimiliki siswa untuk mencapai tujuan matematika lainnya. Supaya siswa bisa mengerjakan soal yang berbeda dengan contoh soal yang diberikan sebelumnya dengan pemahaman konsep yang telah siswa pelajari sebelumnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana tingkat validitas, tingkat praktikalitas dan bagaimana efektivitas atau pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematis dengan pendekatan REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring) untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa di SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis pendekatan REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring) untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa yang dapat berguna dalam proses pembelajaran. Pengembangan ini dilakukan dengan harapan agar diperoleh Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika yang valid dan praktis Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implentation and Evaluation) yang terdiri dari 5 tahap yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring) pada materi kubus dan balok dikembangkan melalui tahapan validasi ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran. Serta diujicobakan kepada siswa kelas VIII-C. Subjek uji coba dilakukan di pondok pesantren darul istiqamah hutapadang, kecamatan padangsidimpuan tenggara, yang berjumlah 25 siswa. Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah. Lembar Kerja Siswa (LKS) telah divalidasi oleh 2 dosen ahli dan 1 guru mata pelajaran matematika di sekolah MTs. Swasta Darul Istiqamah Hutapadang dan diujicobakan terhadap siswi MTs. Swasta Darul Istiqamah Hutapadang pada kelas VIII-C. Kevalidan Lembar Kerja Siswa (LKS) berdasarkan uji kevalidan dilakukan oleh validator dengan rata-rata total sebesar 82,07% termasuk valid. Kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) berdasarkan uji kpraktisan oleh siswi MTs. Swasta Darul Istiqamah Hutapadang pada kelas VIII-C dengan rata-rata total sebesar 94,4% termasuk sangat praktis. Sedangkan kefektifan dilihat dari hasil uji coba produk diperoleh nilai rata-rata siswa 85,4% termasuk tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Lembar Kerja Siswa (LKS); Pendekatan REACT (relating, experiencing, applying, cooperating and transferring); Pemahaman konsep |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 04:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9035 |
Actions (login required)
View Item |