Harahap, Ruaidah Saleh (2022) Pendidik dalam perspektif Al-Qur’an. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520100155.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan adalah seorang yang memiliki ilmu dan profesi keahlian khusus dalam mentransformasikan ilmu-ilmu pengetahuan kepada para peserta didik sehingga peserta didik dapat mengetahui hal-hal yang belum di mengerti dan dengan keikhlasan, ketaqwaan dan tanggung jawabnya dapat memberi teladan yang baik bagi anak didiknya dan bagi masyarakat.Tetapi masih banyak orang yang merasa kebingungan dalam menempatkan arti seorang pendidik yang sebenarnya dalam perspektif Al-Qur’an. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana pendidik dalam Perspektif Al- Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mengkaj ilebih dalam bagaimana pendidik dalam persfektif Al-Qur’an. Pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah diambil dari ayat-ayat Al-Qur’an al-Baqarah: 31, 129, dan 269, al-Kahfi: 66-70, al-Imran: 164, surat Luqman 12-15, danThahaa: 114. Jenispenelitian yang akandigunakanadalahpenelitianpustaka (library research). Metodepe ngumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir maudhu’i. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, pendidik dalam perspektif Al-Qur’an bersifat komprehensif yang mengarah pada aspek pembinaan terhadap peserta didik, yaitu tertera dalam surat Luqman dimana seorang guru harus memiliki potensi dan mengajar yang baik kepada orang lain, pada surat Al-Kahfi, seorang guru harusmemilikiketegasandalammengajar, sedangkandalamsurat Al-Baqarah, memberikan pengajaran tentang mengenal nama-nama benda, mengajarkan membaca serta menulis dan memberikan arahan serta nasihat-nasihat sesuai keterangan yang adadalam Al-Qur’an. Surat Al-Imran dijelaskan dimana guru harus dapat menyampaikan amalan-amalan baik sesuai pedoman. Serta dijelaskan pula dalam surat Thaaha dimana guru untuk selalu mengikuti aturan tanpa tergesa-gesa dalam menyampaikan pelajaran kepada peserta didik. Oleh karenanya pendidik dalam perspektif Al-Qur’an merupakan suatu acuan dimana guru atau pendidik harus memiliki ketegasan emosional dan spiritual dalam membina serta mengarahkan peserta didiknya pada tujuan yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, M.A. |
Keywords: | Pendidik; Perspektif; Al-Qur’an |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 04:52 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 04:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8987 |
Actions (login required)
View Item |