Aldi, M. Fachri (2023) Pengaruh model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus di Kelas VII MTs Jabal Lubuk Raya Huraba Angkola Timur Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1620200009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan menyelesaikan soal matematika pada materi Persamaan Garis Lurus, hal ini disebabkan siswa masih kurang menguasai konsep-konsep yang ada pada pokok bahasan Persamaan Garis Lurus. Hasil belajar matematika merupakan hal yang penting, namun kenyataan hasil belajar Matematika cenderung belum sesuai harapan. Dilihat dari hasil ujian Nasional MTs Jabal Lubuk Raya Huraba Angkola Timur Tapanuli Selatan tahun pelajaran 2020/2021 nilai rata-rata nasional matematika termasuk paling rendah dibandingkan rata-rata nilai mata pelajaran lain. Berdasarkan permasalahan tersebut dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Persamaan Garis Lurus dengan model pembelajaran Take And Give. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Take And Give pada materi Persamaan Garis Lurus di kelas VII MTs Jabal Lubuk Raya Huraba Angkola Timur Tapanuli Selatan dan apakah penerapan model pembelajaran Take And Give pada materi Persamaan Garis Lurus dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII MTs Jabal Lubuk Raya Huraba Angkola Timur Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk essay dan lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Jabal Lubuk Raya Huraba Angkola Timur Tapanuli Selatan yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yakni hasil belajar matematika siswa pada materi Persamaan Garis Lurus meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Take And Give yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Take And Give pada materi Persamaan Garis Lurus dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII MTs Jabal Lubuk Raya Huraba Angkola Timur Tapanuli Selatan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan rumus uji t yang dilakukan diperoleh bahwa thitung = 3.61 > ttabel = 2.021 dengan taraf signifikan 0.05 dan df = (N-1) = (21-1) = 20 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Take And Give pada materi Persamaan Garis Lurus dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII MTs Jabal Lubuk Raya Huraba Angkola Timur Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.P. dan Dr. Almira Amir, M.Si. |
Keywords: | Take and give; Hasil belajar; Persamaan garis lurus |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 03:07 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 03:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8975 |
Actions (login required)
View Item |