Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran UD. Sahabat Binanga dalam upaya menerapkan marketing Rasulullah

Pohan, Samrina Wati (2022) Strategi pemasaran UD. Sahabat Binanga dalam upaya menerapkan marketing Rasulullah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Strategi pemasaran mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan usaha. Terbukti hal ini menyebabkan banyak usaha dagang yang hanya bisa bertahan sebentar di tengah persaingan yang begitu ketat. Hal ini menyebabkan naik turunnya pendapatan para pedagang sehingga UD. Sahabat Binanga dalam meningkatkan penjualannya. Salah satu yang akan diterapkan adalah berupaya menerapkan marketing Rasulullah SAW. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalahapa saja strategi pemasaran UD. Sahabat Binanga dalam upaya menerapkan marketing Rasulullah. Bagaimana keberhasilan strategi pemasaran UD. Sahabat Binanga dalam upaya menerapkan marketing Rasulullah Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan pemasaran, strategi pemasaran, pengertian penjualan dalam buku Philip Kotler, manajemen pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan di UD. Sahabat Binanga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah pemilik UD. Sahabat Binanga. Sumber data dari penelitian ini ada dua yaitu data sekunder dan data primer. Adapun teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun aktivitas dalam analisis data antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan diketahuistrategi pemasaran UD. Sahabat Binanga dalam upaya menerapkan marketing Rasulullah beberapa strategi yang digunakan antara lain (1) strategi produk Rasulullah yaitu menjaga kejujuran dalam menjelaskan kualitas produk kepada calon pembeli. (2) UD. Sahabat Binanga menerapkan strategi melayani pembeli dengan ramah. Pelayanan yang dilakukan dengan Khidmah akan menjadikan para pembeli merasa puas saat berbelanja. (3) Strategi penetapan harga yang diterapkan di UD. Sahabat Binanga yaitu dengan menetapkan harga yang terjangkau dan disesuaikan dengan kualitas barang yang dijual. Kemudian UD. Selain itu UD. Sahabat Binanga juga tidak pernah melakukan kegiatan penimbunan barang terlebih pada masa saat minyak goreng langka. Keberhasilan dari Strategi Pemasaran UD. Sahabat Binanga Dalam upaya menerapkan marketing Rasulullah adalah penjualan dari UD. Sahabat Binanga tetap stabil kemudian para nasabah menjadi loyalitas dengan tetap bertahan untuk berbelanja di UD. Sahabat Binanga meskipun swalayan mulai berdiri di beberapa tempat dekat dengan UD. Sahabat Binanga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A. dan Rini Hayati Lubis, M.P.
Keywords: Marketing; Menerapkan; Pemasaran; Rasulullah; Strategi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:51
Last Modified: 20 Jul 2023 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8964

Actions (login required)

View Item View Item