Habib, Muhammad (2022) Peranan orangtua memfasilitasi anak bermain gadget dalam belajar online di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720100122.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Sebelum adanya wabah COVID-19, pembelajaran tatap muka dilakukan oleh guru dengan berbagai metode yang digunakan guru agar pembelajaran dapat terlaksana dan mencapai tujuan pembelajaran. Namun setelah adanya wabah COVID-19, pembelajaran dilakukan secara daring/online/jarak jauh atau belajar dari rumah. Dalam hal ini, orang tualah yang memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran daring bagi anak. Bagaimana peran orang tua dalam memfasilitasi anak bermain gadget dalam pembelajaran daring agar pembelajaran daring/daring dapat terlaksana dengan baik meskipun pembelajaran dilakukan dari rumah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pendapat orang tua tentang pembelajaran daring di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan, bagaimana peran orang tua dalam memfasilitasi anak saat belajar daring di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan, apa saja kendala yang dihadapi orang tua dan cara mengatasinya dalam memfasilitasi anak saat belajar daring. di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode fenomena logis. Subyek penelitian adalah orang tua sebagai data primer, sedangkan data sekunder adalah siswa dan guru yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan wawancara di lapangan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyusunan data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah orang tua mengatakan pembelajaran daring kurang efektif. Peran orang tua dalam memfasilitasi anak saat belajar daring adalah: memberikan contoh yang baik, memberikan pengawasan dan bimbingan, mendampingi anak dalam mengerjakan tugas sekolah, dan menciptakan suasana yang menyenangkan selama belajar di rumah. Kendala yang dihadapi orang tua dan cara mengatasinya dalam memfasilitasi anak saat belajar daring adalah: kesulitan dalam mengoperasikan gadget, pemahaman materi yang kurang oleh orang tua, kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar anak, orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak selama belajar di rumah, dan tidak punya cukup waktu untuk menemani mereka. Anak-anak belajar di rumah karena harus bekerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Keywords: | Peran orang tua; Memfasilitasi; Pembelajaran online |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 01:37 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 01:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8956 |
Actions (login required)
View Item |