Siregar, Nur Hapipa (2023) Pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga dan budaya religius sekolah terhadap ketaatan beragama peserta didik madrasah aliyah swasta Sekecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2150100038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu masih banyak ditemukan masalah yang terjadi pada peserta didik terutama dalam hal akhlak, ibadah dan akidah yaitu berupa kenakalan remaja, kurangnya kesadaran akan kewajiban sebagai muslim dan muslimah, serta masih ada ditemukan di dalam lingkungan keluarga terutama orang tua belum memberikan penuh perhatian dan pendidikan agama Islam bagi anaknya yaitu pada aspek akidah, ibadah dan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga dan budaya religius sekolah terhadap ketaatan beragama peserta didik Madrasah Aliyah Swasta sekecamatan Barumun kabupaten Padang Lawas. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode asosiatif. Metode asosiatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan, pengaruh antara dua variabel atau lebih dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek-objek penelitian yaitu peserta didik Madrasah Aliyah Swasta sekecamatan barumun kabupaten Padang Lawas. Sampel penelitian ini berjumlah 105 orang. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda serta uji korelasi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu, pertama, terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan Agama Islam dalam Keluarga terhadap ketaatan beragama peserta didik madrasah aliyah swasta sekecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas, dengan koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,214 yang berarti pendidikan Agama Islam dalam keluarga mempengaruhi ketaatan beragama peserta didik sebesar 21,4%). Kedua, Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya religius sekolah terdahap ketaatan beragama , dengan koefisien determinasinya (R2) adalah sebesar 0,145 yang berarti budaya religius sekolah mempengaruhi ketaatan beragama peserta didik Madrasah Aliyah Swasta sekecamatan Barumun sebesar 14,5%. Ketiga, Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama Islam dan budaya religius sekolah terdahap ketaatan beragama secara bersama-sama, dengan koefisien determinasinya (R2) adalah sebesar 0,190 yang berarti pendidikan agama Islam dan budaya religius sekolah mempengaruhi ketaatan beragama peserta didik Madrasah Aliyah Swasta sekecamatan Barumun sebesar 19,0%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Zulhammi., M.Ag., M.Pd. dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. |
Keywords: | Pendidikan agama Islam; Budaya religius sekolah; Ketaatan beragama |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 04:04 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 04:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8918 |
Actions (login required)
View Item |