Rahmadhani, Rizqi (2023) Inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Mandailing Natal. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2050100037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Judul tesis ini adalah “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Mandailing Natal”. Membahas tentang inovasi yang diberikan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran. Inovasi dibawakan oleh guru pada setiap bidang studi yang dibawakan agar meningkatkan motivasi siswa dalam belajar PAI di Madarasah Aliyah Negeri 2 Mandailing Natal. Inovasi yang diberikan oleh guru bidang studi dapat berupa penerapan ide, pembuatan Media dan pemberian Metode belajar untuk disajikan atau diberikan kepada para siswa di Madarasah Aliyah Negeri 2 Mandailing Natal. . Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat memberikan wawasan keilmuan pada konsep inovasi pembelajaran di khususnya dibidang pendidikan Islam. Sebagai referensi bagi guru-guru pendidikan Agama Islam dalam upaya mengembangkan pembaharuan di lembaga pendidikan non formal atau lembaga formal. Sebagai sarana informatif dan inspiratif terhadap pecinta inovasi pembelajaran dibidang pendidikan agama Islam Jenis penelitian yang pakai pada penelitian ini penelitian lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Yaitu Penelitian dengan menggunakan metode dan langkah-langkah yang dilakukan dengan penjelasan secara aplikatif. Penggunaan metode kualitatif pada penelitian ini dengan mendeskripsikan fakta yag terjadi di lapangan yaitu di Madarasah Aliyah Negeri 2 Mandailing Natal. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa adanya inovasi pembelajaran yaang berupa, pemberian media ajar berupa: buku kontrol hafalan, media alam, infocus dan media ajar lain yang dibuat oleh guru sesuai dengan materi yang berkaitan. Adapun metode ajar yang baru pada Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Mandailing Natal adalah pemberian metode Contextual Teaching Learning (CTL). Perkembangan motivasi siswa di berbagai bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukan hasil yang baik di tandai dengan pemerolehan berbagai prestasi di bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, selain itu peningkatan motivasi sisw ditandai dengan keaktifan siswa saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam bertambah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A. |
Keywords: | Inovasi pembelajaran; PAI; Motivasi belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 01:30 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 01:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8903 |
Actions (login required)
View Item |