Ritonga, Susinawari (2022) Integrasi pembelajaran kimia dengan al Qur’an-hadist di MAN 2 Model Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
2050100025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Studi pendahuluan menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Kimia di MAN 2 Model Padangsidimpuan telahmelakukan upaya upaya pengintegrasian materipelajaran Al Qur’an-hadits dalam pembelajaran kimia. Diantaranya, penerapan model integrated dalam pembelajaran kompetensi dasar 3.5 di kelas X yaitu membandingkan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta kaitannya dengan sifat zat. Guru kimia memadukan konsep dan teori ikatan ion dengan penjelasan dari ayat-ayat Al Qur’an maupun sunnah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi dan implementasi integrasi pembelajaran Kimia dengan Al Qur’an-hadistdi MAN 2 Model Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsepsi integrasi pembelajaran Kimia dengan Al Qur’an-hadist di MAN 2 Model Padangsidimpuan, bagaimana implementasi integrasi pembelajaran Kimia dengan Al Qur’an-hadist di MAN 2 Model Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data primer yaitu guru kimia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Kesimpulan penelitian ini dipetakan menjadi dua hal penting, pertama konsepsi integrasi pembelajaran Kimia dengan Al Qur’an-hadist. Kedua implementasi integrasi pembelajaran Kimia dengan Al Qur’an-hadist. Konsepsi guru tentang integrasi pembelajaran Kimia dengan al Qur’an-hadist yaitu (1) guru mata pelajaran Kimia memahami integrasi keilmuan sebagai pembauran sains dan agama menjadi satu kesatuan yang utuh. (2) metodologi yang dapat diterapkan yaitu (a) mengaitkan ilmu Kimia dengan Al Qur’an-Hadist (b) menghubungkan materi pembelajaran Kimia dengan materi pembelajaran al Qur’an-Hadist (c) penguatan suasana keagamaan dalam proses pembelajaran Kimia (3) tujuan integrasi adalah meningkatkan keimanan peserta didik. Implementasi Integrasi pembelajaran Kimia dengan Al Qur’an-hadist dipetakan sebagai berikut (a) pada tahap perencanaan sudah terlihat adanya usaha labelisasi/tekstualisasi konsep rencana pembelajaran dengan nilai-nilai islami. (b) pelaksanaan pembelajaran, yang terpetakan menjadi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, sebagian guru Kimia telah menjadikan integrasi pembelajaran dengan Al Qur’an-hadist sebagai pendekatan kegiatan pembelajaran dan berupaya memformulasikan pembelajaran dalam konteks integrasi sains dan agama meskipun masih tahap yang elementer (pencampuran) (c) pada tahap evaluasi, integras inilah nilai Al Qur’an-hadist bersifat periveral (tambahan).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Anhar, M.A. |
Keywords: | Integrasi; Pembelajaran; Ilmu kimia; al Qur’an-hadist |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8897 |
Actions (login required)
View Item |