Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pola asuh orangtua terhadap hasil belajar siswa Kelas V MIN 2 Sibolga

Husmei, M. Hafidz (2022) Pengaruh pola asuh orangtua terhadap hasil belajar siswa Kelas V MIN 2 Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pola asuh orangtua merupakan peranan penting dalam pembentukan seorang anak baik itu dari segi karakter, perilaku, sikap maupun hasil belajar. Orangtua sangat bertanggung jawab terhadap keluarganya, sehingga orangtua memberikan pola asuh kepada anaknya. Dalam pemberian pola asuh orangtua memiliki berbagai cara seperti pola asuh otoriter, permisif dan demokratis. Berdasarkan masalah tersebut, maka peneliti ingin mengkaji lebih mendalam seberapa besar pengaruh pola asuh orangtua terhadap hasil belajar siswa pada kelas V MIN 2 Sibolga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 2 Sibolga. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara pola asuh orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 2 Sibolga. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan instrumen pengumpulan data yang dipakai adalah angket dengan skala, sedangkan analisa data dengan corelasi product moment dan uji t signifikansi. Berdasarkan analisis data maka hipotesis yang berbunyi adanya pengaruh pola asuh orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 2 Sibolga ditolak. Hal ini berdasarkan perhitungan yang diperoleh nilai rxy = 0,002 dan dilajutkan melihat tabel berdasarkan sampel sebanyak 45 orang pada taraf signifikan 5%, maka berada pada interval koefisien korelasi 0,00 – 0,199 dan ini dinyatakan sangat rendah, dapat disimpulkan bahwa variabel X (pola asuh orangtua) tidak mempengaruhi variabel Y (hasil belajar siswa). Kemudian untuk melihat signifikansi pengaruh tersebut peneliti melanjutkan dengan menggunakan uji t signifikansi. Dari perhitungan uji t signifikansi diperoleh yaitu t hitung 0,131 lebih kecil dari t tabel 0,681 yang menyatakan bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y tidak signifikan (lemah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A. dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Pola asuh orangtua; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:33
Last Modified: 15 Jun 2023 07:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item