Tholib, A. Arsyad (2022) Penggunaan media manipulatif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika Kelas III MI Padangsidimpuan Batunadua (Persiapan MIN 3 Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian adalah bahwa pemahaman konsep itu perlu ditanamkan kepada siswa sejak dini. Oleh karena itu, peran guru sangat diperlukan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pemahaman yang lebih baik lagi kepada siswa terkait dengan konsep-konsep dalam pembelajaran matematika, sehingga upaya untuk menanamkan pemahaman konsep yang baik kepada siswa dapat terlaksana dengan baik. Tanpa adanya upaya guru hal tersebut tidak dapat terealisasikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Penggunaan Media Manipulatif Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Penjumlahan Kelas III MI Padangsidimpuan Batunadua (Persiapan MIN 3 Padangsidimpuan). Tujuan penelitian Aktivitas siswa dan siswi dalam Penggunaan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI Padangsidimpuan Batunadua (Persiapan MIN 3 Padangsidimpuan). Untuk mengetahui Penggunaan Media Manipulatif dapat meningkatkan pemahaman belajar matematika siswa kelas III MI Padangsidimpuan Batunadua (Persiapan MIN 3 Padangsidimpuan). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tekhnik pengumpulan data adalah Lembar Lembar Observasi dan Lembar Tes. Tekhnik pengolahan analisis data melalui Lima tahap, yaitu : Tahapan pengenalan masalah, Tahapan persiapan tindakan, Tahapan implementasi tindakan, Tahapan pengamatan, dan Tahapan Penyusunan laporan. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Penggunaan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI Padangsidimpuan Batunadua Adalah kondisi siswa pada saat pembelajaran berlangsung banyak siswa yang mengantuk dan tidak serius. Sarana pembelajaran yang digunakan guru pada saat mengajar berupa buku Matematika dan Media Manipulatif Stik Es Krim Berwarna dan dengan melibatkan media Manipulatif Stik Es krim Berwarna dalam kehidupan sehari-hari membuat siswa dan siswi tidak mengantuk dan serius untuk memahami pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Dr. Almira Amir, M.Si. |
Keywords: | Media manipulatif; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 07:28 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 07:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8836 |
Actions (login required)
View Item |