Pane, Abdul Majid (2022) Penerapan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik Kelas III MIN I Tapanuli Selatan Desa Panobasan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720500106.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas III di MIN 1 Tapanuli Selatan masih rendah, dan penggunaan model pembelajaran mind mapping serta model pembelajaran mind mapping jarang digunakan. metode mengajar lebih dominan kepada ceramah dan menerangkan sehingga siswa kurang tertarik pada pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III di MIN I Tapanuli Selatan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan? Teori yang digunakan dalam penelitian ini terkait dengan teori mind mapping yang terdiri dari Pengertian model pembelajaran mind mapping, langkah-langkah model pembelajaran mind mapping, teori hasil belajar yang terdiri dari Pengertian dan tujuan hasil belajar, dan kemudian teori-teori yang berkaitan dengan pembelajaran tematik terdiri dari, pengertian, teori pembelajaran tematik, ciri-ciri, prinsip, tujuan dan manfaat pembelajaran tematik. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIN I TAPANULI SELATAN dengan jumlah siswa 26, siswa laki-laki terdiri dari 12 orang dan siswa perempuan terdiri dari 14 orang. Kriteria Ketuntasan Minimal sekolah (KKM) 75%. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Pada Pra Siklus nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah sebesar 62,69. Pada Siklus I Pertemuan I dapat dilihat bahwa siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,62, pada Pertemuan II siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,67. Dengan demikian dapat dilihat bahwa adanya peningkatan dari Pra Siklus dan Siklus I. Selanjutnya pada Siklus II Pertemuan I dapat dilihat bahwa siswa memperoleh nilai rata-rata 74,04. Pada Pertemuan II siswa memperoleh nilai rata-rata 75,77. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MIN I Tapanuli Selatan pada pembelajaran tematik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Hamidah, M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Mind mapping; Hasil belajar; Pembelajaran tematik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:56 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 02:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8834 |
Actions (login required)
View Item |