Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan pendapatan petani dalam perspektif ekonomi Islam (studi kasus pada Petani Buah Naga di Desa Palopat Maria Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru)

Sudarniy, Annisah (2022) Analisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan pendapatan petani dalam perspektif ekonomi Islam (studi kasus pada Petani Buah Naga di Desa Palopat Maria Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana banyaknya persaingan antara usaha di bidang yang sama, menuntut petani buah naga mentukan strategi pemasaran yang tepat agar usaha dapat bertahan lama dan produk tetap eksis di pasaran. Jika strategi pemasarannya tidak tepat akan birimbas kurang maksimalnya laba yang diperoleh, selain itu dapat mengalami kerugian. Tetapi jika strategi yang diterapkan tepat, maka keuntungan mengalami peningkatan maksimal. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran petani buah naga dalam meningkatkan pendapatan, serta mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi pemasaran tersebut. Pembahasan penelitian ini berkaitan tentang strategi pemasaran meliputi, pengertian strategi. Pengertian pemasaran, pengertian strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, faktor-faktor strategi pemasaran, strategi penentuan pasar sasaran, startegi pemasaran perspektif ekonomi Islam, implementasi strategi pemsaran dalam ekonomi Islam, konsep pendapatan, pengertian pendapatan, macam-macam pendapatan, sumber pendapatan, faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat memaparkan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lengkap tentang sesuatu yang sedang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh petani buah naga di Desa Palopat Maria Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru dalam meningkatkan pendapatan, dengan menerapkan sistem bauran pemasaran produk, price, place, promotion. Produk yang dipasarkan memiliki kualitas dari bibit unggul dengan menggunakan pupuk berkualitas. Penetapan harga sesuai dengan kualitas produk. Tempat usaha yang digunakan sudah strategis mudah dijangkau konsumen, promosi yang diterapkan masih sangat sederhana yaitu menggunakan spanduk dan penjualan personal atau promosi langsung (personal selling) metode bauran pemasaran (marketing mix) dinyatakan cukup baik, namun belum efektif. Menurut perspektif ekonomi Islam disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan sesuai dengan prinsip Islam, produk yang ditawarkan halal, penetapan harga tidak merugikan kedua belah pihak, lokasi usaha yang sangat strategis mudah dijangkau konsumen, melakukan promosi dengan jujur, benar, lemah lembut dan penuh keikhlasan melayani konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A. dan Ihdi Aini, M.E.
Keywords: Strategi; Pemasaran; Pendapatan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:04
Last Modified: 12 Jun 2023 04:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8810

Actions (login required)

View Item View Item