Tambunan, Cici Amanda Sari (2022) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Tunas Bangsa Sungai Dua Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100142.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah dimana akhlak merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap orang, terutama siswa. Di zaman sekarang banyak sekali yang dapat kita lihat tentang menurunnya akhlak yang dimiliki seseorang, terutama siswa. Kemajuan teknologi menjadi salah satu pemicu menurunnya akhlak siswa di zaman sekarang. Disinilah peran guru terutama guru pendidikan agama Islam untuk membina akhlak siswa agar terhindar dari dampak negative yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Dalam mengatasi hal ini dibutuhkan strategi untuk membina akhlak siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak Siswa Sekolah Menengah Pertama SMP Swasta Tunas Bangsa Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa sekolah menengah pertama SMP Swasta Tunas Bangsa Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa sekolah menengah pertama SMP Swasta Tunas Bangsa Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir dan faktor-faktor apa saja pendukung dan penghambat strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa sekolah menengah pertama SMP Swasta Tunas Bangsa Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir. Metodologi yang digunakan penelitian adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolaan analisi data melalui empat tahap yaitu klasifikasi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan data teknik menjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama Islam di SMP Swasta Tunas Bangsa dalam membina akhlak siswa, yaitu: strategi keteladanan, strategi pembiasaan dan strategi kontekstual. Faktor pendukung dan penghambat dalam membina siswa SMP Swasta Tunas Bangsa adalah, faktor pendukung: Kebijakan sekolah yang sesuai dengan pembinaan akhlak siswa dan motivasi ekstrinsik dan instrinsik. Sedangkan faktor penghambat adalah: kendala dari diri siswa sendiri dan kurang adanya keseimbangan antara lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Muhlison, M.Ag. |
Keywords: | Strategi; Guru pendidikan agama Islam; Membina akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 31 May 2023 09:23 |
Last Modified: | 31 May 2023 09:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8759 |
Actions (login required)
View Item |