Sulistiawati, Ira (2023) Persepsi peserta didik tentang metode pembelajaran guru fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100238.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa setiap persepsi/ pandangan manusia berbeda-beda, karena setiap peserta didik mempunyai pandangan nya masing-masing dalam melihat bagaimana proses metode pembelajaran guru fikih, Pendidikan ialah kunci dalam mencapai kemajuan dan perkembangan yang berkualitas. Metode mengajar guru dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru merupakan salah satu penunjang yang termasuk dalam unsur tersebut. Metode mengajar adalah cara guru mengajar atau cara guru menyampaikan materi pelajaran kepada siswa yang di ajar. Metode mengajar guru dalam proses pembelajaran sangat penting, Karena keberhasilan dalam suatu pembelajaran tergantung pada guru yang menggunakan metode mengajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana persepsi peserta didik tentang pembelajaran guru fikih . 2) Apa saja kendala guru dalam mengajar fikih. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran guru fikih dan kendala guru dalam mengajar fikih di MTsN 1 Padangsidimpuan. Kajian teori dalam pembahasan adalah penjelasan tentang model pembelajaran guru fikih, macam-macam metode pembelajaran, pengertian guru, pengertian mengajar,pengertian pembelajaran fikih, pengertian persepsi, macam-macam persepsi. Adapun metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini dan Persepsi Peserta didik mengungkapkan bahwa dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran Fikih guru telah melakukan dengan sangat baik,baik dalam metode pembelajaran, mulai dari membuka pembelajaran, melakukan kegiatan inti, serta sampai menutup pembelajaran. Pandangan ini didasari oleh peneliti dalam mengikuti pembelajaran selama observasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Persepsi; Metode pembelajaran; Fikih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 May 2023 08:58 |
Last Modified: | 30 May 2023 08:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8742 |
Actions (login required)
View Item |