Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas vii pokok bahasan pecahan di SMP Negeri 3 Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah

Sitohang, Mariani (2023) Pengaruh pendekatan pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas vii pokok bahasan pecahan di SMP Negeri 3 Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru pada pokok bahasan pecahan. Siswa tidak memiliki konsep dasar pecahan yang memadai serta pemahaman siswa terhadap pokok bahasan tersebut sangatlah kurang. Selama ini siswa hanya mengikuti contoh-contoh yang diberikan oleh gurunya. Guru harus menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi yaitu salah satunya adalah pendekatan pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran inkuiri ini dapat melatih siswa secara individu maupun kelompok dengan cara berdiskusi, semua siswa berperan aktif dan membuat siswa semangat dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran inkurir terhadap hasil belajar siswa kelas VII pokok bahasan pecahan di SMP Negeri 3 Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan pendekatan pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan kelas VII SMP Negeri 3 Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen. dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panyabungan Utara yang berjumlah 95 siswa, dengan jumlah sampel 25 siswa di kelas eksperimen dan 25 siswa di kelas kontrol. Instrument pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu tes. Tes terdiri dari dua macam yaitu tes sebelum diberi perlakuan(pre-test) dan tes sesudah diberi perlakuan (pos-test). Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kelas sampel peneliti berdistribusi normal yang kemudian dilanjutkan dengan perhitungan tes rata-rata untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil uji-t diperoleh thitung (3,407) > ttabel (2,008 ) maka maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat signifikan pendekatan pembelajaran inkurir terhadap hasil belajar siswa kelas VII pokok bahasan pecahan di SMP Negeri 3 Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si.
Keywords: Pendekatan pembelajaran inkuiri; Hasil belajar siswa; Pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 May 2023 03:54
Last Modified: 30 May 2023 03:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8731

Actions (login required)

View Item View Item