Nasution, Mutiah Indah Sari (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan sederhana melalui media kartu pecahan di Kelas III SD Negeri 094 Gunungtua Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal ini disebabkan metode yang digunakan lebih banyak menggunakan metode ceramah dan hanya mengerjakan soal tanpa didukung metode pembelajaran yang lain dan tanpa alat bantu mengajar yang bervariasi, sehingga siswa tidak tertarik terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar matematika siswa salah satu cara yang dapat digunakan dengan menggunakan media pembelajaran kartu pecahan. Media kartu pecahan mengarah ke dalam pembelajaran yang bersifat permainan, sehingga dapat merangsang keaktifan dan kesenangan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah penerapan pada materi pecahan sederhana dapat meningkatkan hasil belajar melalui media kartu pecahan pada siswa kelas III SD Negeri 094 Gunungtua? Penelitian tindakan kelas ini (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 094 Gunungtua Mandailing Natal yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu ≥65. Hasil penelitian terdapat adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I sampai siklus II, dimana pada pra siklus nilai rata-rata 56,66 kemudian pada siklus I nilai rata-rata 61,87 menjadi 64,58, dan siklus II nilai rata-rata 70,20 menjadi 75,4. Persentase siswa yang tuntas pada pra siklus 37,50%, kemudian meningkat pada siklus I dari 45,80% menjadi 58,30% dan pada siklus II 70,80% menjadi 83, 30%. Persentase yang tidak tuntas pada pra siklus 62,50%, menurun pada siklus I 54,10% menjadi 41,60%, dan pada siklus II 29,10% menjadi 3,57%. Sesuai dengan indikator keberhasilan tindakan pada penelitian ini, dimana siswa sudah melewati KKM ≥65 dengan nilai rata-rata 75,41 dan persentase siswa yang tuntas sebesar 83,30%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Hasil belajar matematika; Media kartu pecahan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 May 2023 08:25 |
Last Modified: | 22 May 2023 08:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8712 |
Actions (login required)
View Item |