Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan penalaran matematis dengan metode inquiry pada materi barisan dan deret aritmetika di Kelas XI SMK Negeri 3 Padangsidimpuan

Siregar, Ahmat Yunus (2022) Peningkatan kemampuan penalaran matematis dengan metode inquiry pada materi barisan dan deret aritmetika di Kelas XI SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa pada materi barisan dan deret aritmetika. Hal tersebut disebabkan kurangnya penalaran siswa terhadap pelajaran mengakibatkan ketidak mampuan dalam menyelesaikan soal tersebut, dengan demikian peneliti meyakini bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatan kemampuan penalaran matematis dengan metode Inquiry dan apakah terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis dengan metode Inquiry pada materi barisan dan deret aritmetika di kelas XI SMK N 3 Padangsidimpuan. Sehingga yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan metode Inquiry terhadap kemampuan penalaran siswa dan untuk mengetahui apakah melalui penggunaan metode Inquiry dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa pada materi barisan dan deret aritmetika di kelas XI SMK N 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan menggunakan dua Siklus yaitu Siklus I dengan dua pertemuan dan Siklus II dengan satu pertemuan. Dalam hal ini peneliti berfungsi sebagai guru sekaligus observer. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes dalam bentuk essay tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 3 Padangsidimpuan yang terdiri dari 16 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa meningkat. Hal ini dilihat dari nilai dan aktivitas siswa dimulai dari pretes dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 19%(3 dari 16 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 59,37, Siklus I Pertemuan I, persentase ketuntasan siswa 44%(7 dari 16 siswa) dengan nilai rata-rata 60,93, Siklus I Pertemuan II, Persentase ketuntasan siswa 69%(11 dari 16 siswa) dengan nilai rata-rata 75 dan Siklus II Pertemuan I, persentase ketuntasan siswa 94%(15 dari 16 siswa) dengan nilai rata-rata 85,93. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode Inquiry dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas XI SMK N 3 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Inquiry; Kemampuan penalaran; Barisan dan deret aritmetika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 May 2023 08:43
Last Modified: 19 May 2023 08:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8709

Actions (login required)

View Item View Item