Prianti, Suci (2023) Upaya meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode role playing pada siswa Kelas IV SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai keterampilan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia disebabkan karena kurangnya metode pembelajaran yang bervariasi, kemampuan siswa dalam aspek berbicara masih kurang, kebanyakan siswa masih malu dan ragu-ragu, sehingga perlu digunakan perubahan dalam melaksanakan pembelajaran dikelas, salah satunya dengan menggunakan metode role playing sehingga siswa lebih berani berbicara di depan dengan metode tersebut, dan keterampilan berbicara siswa diharapkan meningkat. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana penerapan metode role playing dan apakah terdapat peningkatan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas IV SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode role playing materi drama pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Instrument dalam penelitian ini yaitu berupa tes, dan hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, dapat disimpulkan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara selalu meningkat setiap pertemuannya. Dilihat dari tes awal (pra-tindakan) hanya 11 orang siswa yang tuntas pada tes yang dilakukan, kemudian pada siklus I pertemuan 1 sebanyak 17 siswa, siklus I pertemuan 2 sebanyak 20 siswa, siklus II petemuan 1 sebanyak 23 siswa dan siklus II pertemuan 2 sebnayak 26 siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si. dan Syafrilianto, M.Pd. |
Keywords: | Keterampilan berbicara; Bahasa Indonesia; Role playing |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 08 May 2023 08:04 |
Last Modified: | 08 May 2023 08:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8686 |
Actions (login required)
View Item |