Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan lingkungan sebagai media dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200112 Kota Padangsidimpuan

Siregar, Aqilah Rizkita Putri (2023) Peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan lingkungan sebagai media dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200112 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa SD Negeri 200112 Kota Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan KKM, salah satunya disebabkan karena guru belum menerapkan pemanfaatan lingkungan sebagai media dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar dan kurangnya interaksi yang aktif antara guru dan siswa karena pembelajaran yang hanya dilakukan didalam kelas. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SD Negeri 200112 Kota Padangsidimpuan dengan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran?. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa dengan memanfaatkan lingkungan sebagi media pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan metode siklus. Setiap siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200112 Kota Padangsidimpuan dengan subjek penelitian siswa kelas IV berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan observasi dan tes. Metode observasi digunakan untuk melihat aktifitas belajar siswa, sedangkan metode tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat di buktikan dengan hasil pra siklus sebelum menggunakan lingkungan sebagai media hanya 20% (5 siswa) yang memenuhi KKM, sedangkan 80% (20 siswa) belum mencapai KKM dengan rata-rata kelas sebesar 56,8. Pada siklus I ada peningkatan dari yang tidak memenuhi KKM dengan siswa yang tuntas siswa 48% (12 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 64,4. Sedangkan pada siklus II jauh lebih meningkat dibandingkan siklus I dimana siswa yang mencapai KKM 88% (22 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 84,4. Hal ini sangat terlihat meningkat dan mengalami perubahan sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunan lingkungan sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 200112 Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Nur Fauziah Siregar M.Pd.
Keywords: Hasil belajar IPA; Pemanfaatan lingkungan sebagai media
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 May 2023 07:34
Last Modified: 04 May 2023 07:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8681

Actions (login required)

View Item View Item