Rambe, Ayu Wandira (2022) Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif numbered head together dengan menggunakan media flash cards pada materi pecahan di Kelas IV SDN 100101 Simatorkis Sisoma. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi pecahan di kelas IV. Hal ini diakibatkan oleh model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran konvensioanal serta media pembelajaran yang digunakan masih belum memadai dan efektif ketika proses penyampaian pembelajaran berlangsung. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif NHT dengan menggunakan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas IV SDN 100101 Simatorkis Sisoma. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar melalaui model pembelajaran kooperatif Numbered Head Togethers dengan menggunakan media Flash Cards pada materi pecahan di kelas IV SDN 100101 Simatorkis Sisoma? . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran kooperatif Numbered Head Togethers dengan menggunakan media Flash Cards dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pecahan di kelas IV SDN 100101 Simatorkis Sisoma. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilakukan dengan metode siklus. Adapaun siklus dalam penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dengan tiga pertemuan. Dalam setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Togethers dengan menggunakan media Flash Cards. Sedangkan metode observasi digunakan untuk melihat aktifitas belajar dengan menerapkan model serta media tersebut. Melalui penelitian yang telah dilakukan hasil belajar siswa meningkat, yaitu pada pra siklus nilai rata – rata kelas adalah 52,85 dengan persentase tuntas sebanayak 35%. Pertemuan I siklus I nilai rata – rata adalah 70,53 dengan persentase ketuntasan sebanyak 50%, pada pertemuan II siklus I nilai rata-rata kelas adalah 74,10 dengan persentase ketuntasan 65%. Sedangkan untuk pertemuan I siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 89,25 dengan persentase ketuntasan sebanyak 86%. Sehingga penelitian sudah dapat dihentikan karena sudah mencapai indikator ketuntasan yaitu sebesar 75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Dwi Maulida Sari, M.Pd. |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Tipe NHT; Flash card; Hasil belajar; Pecahan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Apr 2023 08:30 |
Last Modified: | 08 May 2023 06:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8675 |
Actions (login required)
View Item |