Sari, Diah Mala (2022) Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan menggunakan jasa travel PT. Batang Toru Jaya Raya. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Persaingan yang semakin ketat ini juga dapat dirasakan oleh para pelaku bisnis di bidang jasa angkutan umum seperti travel PT.Batang Toru Jaya Raya. harus bisa mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Pelayanan yang baik yang sebanding dengan pelayanan belum bisa di berikan oleh PT.Batang Toru Jaya Raya. PT.Batang Toru Jaya Raya harus membuat beberapa perbaikan dan inovasi yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada travel PT.Batang Toru Jaya Raya secara parsial dan simultan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang manajemen pemasaran. Pendekatan yang dilakukan berdasarkan teori-teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan, harga dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang menggunakan data primer dan data sekunder dengan sampel sebanyak 69 responden. Data diperoleh dari hasil wawancara, survei, angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar (uji normalitas dan uji linieritas), uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R square), uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F), serta dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian secara parsial (uji t) adalah ada pengaruh antara kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan pelanggan secara parsial yang dibuktikan dengan thitung 10,133< -ttabel 1,66, maka Ha1 diterima. Ada pengaruh antara harga (X2) terhadap kepuasan pelanggan secara parsial yang dibuktikan dengan thitung -2,227 < -ttabel -1,66, maka Ha2 diterima. Sedangkan secara simultan (uji F), ada pengaruh antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan secara bersama-sama atau simultan yang dibuktikan dengan Fhitung 54,891 > Ftabel 2,37 maka Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A. dan Adanan Murroh Nasition, M.A. |
Keywords: | Kualitas pelayanan; Harga; Kepuasan pelanggan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1507 Transportation and Freight Services > 150703 Road Transportation and Freight Services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 07:48 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 07:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8594 |
Actions (login required)
View Item |