Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Labuhan Rasoki Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Rizki, Anggun Novia (2023) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Labuhan Rasoki Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200162.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Di era pandemic saatini, kesehatan menjadi salah satuhal yang paling banyak menyita perhatian dunia.Kesehatan sangat penting bagi seluruh mayarakat di dunia, baik dari kalangan anak-anak hingga lansia Semakin berkembangnya kualitas hidup masyarakat maka semakin tinggi pula kesadaran masyarakat untuk terus memperhatikan kesehatan. Oleh karena itu tidak sedikit dari masyarakat dunia memerlukan sarana dan fasilitas yang memadai untuk menjaga kualitas kesehatan mereka.Fenomena yang terjadi di dalam penelitian ini adalah kurangnya kualitas pelayanan di Puskesmas Labuhan Rasoki kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Berdasarkan Wells dan Prensky berpendapat kepuasan atau ketidakpuasan konsumen ialah sikap konsumen terhadap suatu produk atau jasa sebgai hasil dari evaluasi konsumen setelah menggunakan sebuah produk atau jasa. Konsumen akan merasa puas jika pelayanan yang diberikan produk dan jasa menyenangkan hati. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan teori-teori bidang ilmu Manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel non probably sampling. Pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 25 dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji Validitas, uji Reabilitas, uji deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji analisis linear sederhana, uiji hipotesis (uji koefisien regresi secara parsial atau uji t, dan uji koefisien determinasi atau R2 ) Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan Uji hipotesis diperoleh t tabel pada taraf signifikan 10% dengan df 62-1=61 sehingga ttabel 1,670 sementara thitung sebesar 4,740 . Sehingga t hitung > t tabel. menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat di Puskesmas Labuhan Rasoki Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Berdasarkan perhitungan R2 (R Square) atau koefisien determinasi sebesar 0,272 yang menjelaskan bahwa variable pelayanan memebrikan pengaruh sebesar 27,2%. Hal ini menunjukkan pengaruh signifikansi anatara kualitas pelayanan terhadap kepuasan oleh pihak Puskesmas Labuhan Rasoki Kecamatan Padangsisimpuan Tenggara demi meningkatkan kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, M.Si. dan Ja’far Nasution, M.E.I.
Keywords: Kualitas pelayanan; Kepuasan pasien
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111708 Health and Community Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:56
Last Modified: 31 Mar 2023 07:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8582

Actions (login required)

View Item View Item