Tambunan, Juni Alan (2023) Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan konsumen berbelanja pada Toko Rambe Fashion Desa Sampean Kecamatan Sungai Kanan tahun 2018-2021. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1740200089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latarbelakang masalah dalam penelitian ini adalah kegiatan promosi yang dilakukan oleh Toko Rambe Fashion kurang menarik sehingga konsumen kurang mengetahui Toko Rambe Fashion tersebut. Di samping itu harga yang ditawarkan oleh toko Rambe Fashion masih terbilang mahal sehingga konsumen mempertimbangkan untuk berbelanja di Toko Rambe Fashion tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh harga dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusam konsumen berbelanja pada Toko Rambe Fashion?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan konsumen berbelanja pada Toko Rambe Fashion. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pengertian keputusan konsumen, proses pengambilan keputusan konsumen, peran pembelian konsumen, pengertian harga, penetapan harga dalam Islam, tujuan penetapan harga, indikator harga, pengertian promosi, tujuan promosi, bentuk-bentuk promosi, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Sampel yang digunakan sebanyak 97 responden dari seluruh pelanggan toko rambe fashion. Pengambilan sampel menggunakan pendekatan Isaac dan michael. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik nonprobility sampling dengan cara accidental sampling. Sumber data yaitu primer, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Kemudian pengelolahan datanya menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan deskriptif statistik, uji normalitas, uji linearitasi, dan analisis regresi linear berganda, dengan uji simultan (F) dan uji parsial (t) kemuadian koefisien determinasi (R). Berdasarkan hasil penelitian secara parsial harga tidak berpengaruh secara terhadap keputusan konsumen, sedangkan untuk promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Sementara secara simultan berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa harga dan promosi memberikan kontribusi sebesar 17,5% terhadap keputusan konsumen, selain itu sisanya 82,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I. |
Keywords: | Harga; Promosi; Keputusan konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 07:33 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 07:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8533 |
Actions (login required)
View Item |