Nasution, Erma Elyani (2023) Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu huruf dalam metode SAS pada pembelajaran bahasa indonesia siswa Kelas II SD Negeri 114364 Sabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi sebagai berikut. Pertama, siswa cenderung tidak mampu menyebutan huruf abjad secara lisan. Kedua, siswa cenderung tidak mampu menentukan bunyi lambang huruf setelah menghitung urutan huruf abjadnya. Ketiga siswa cenderung mampu memahami huruf kapital saja. Keempat, guru belum menggunakan metode yang bervariasi. Kelima, kurangnya perhatian keluarga terhadap siswa dalam pembelajaran membaca permulaan. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan metode SAS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan metode SAS dengan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik kelas II di SD Negeri 114364 Sabungan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksankan di SD Negeri 114364 Sabungan dengan subjek penelitian kelas II yang berjumlah 24 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan tes sebagai instrumen pengumpulan data untuk mengetahui apakah metode SAS dan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 114364. Tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi merupakan awal dari prosedur PTK. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus bertemu sebanyak dua kali. Berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa media kartu huruf yang digunakan dalam metode SAS berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 114364 Sabungan. Hal ini ditunjukkan dengan tes I, dimana persentase siswa yang tuntas belajar klasikal sebesar 29,16 persen (7 dari 24 siswa), dan pertemuan siklus I, persentase siswa yang tuntas belajar sebesar 33,33 persen (8 dari 24 siswa), dengan nilai rata-rata kelas 67,08. Dengan nilai rata-rata kelas 70,41 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 45,83% (11 dari 24 siswa), siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan sebesar 12,50%. Sebaliknya pada siklus II pertemuan 2 persentase siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebesar 83,33% (20 dari 24 siswa) dan rata-rata nilai kelas sebesar 80 selisih 25,00%, sedangkan persentase siswa yang tuntas pada pembelajaran sebesar 58,33% (14 dari 24 siswa) pada siklus II pertemuan 1. Data yang diperoleh dari siklus II sudah mencapai nilai harapan tertinggi yaitu 83,33 persen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd. dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd. |
Keywords: | Hasil belajar; Media kartu huruf; Metode SAS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 08:57 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 08:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8453 |
Actions (login required)
View Item |