Pasaribu, Siti Namora (2023) Upaya meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas X SMA Negeri 2 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pada penelitian ini, yang menjadi permasalahannya yaitu masih rendahnya tingkat minat belajar Matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang Bolak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Padang Bolak yang bejumlah 34 siswa. Obejek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang Bolak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Pengamatan digunakan untuk memperoleh hasil observasi minat belajar siswa, hasil angket minat belajar siswa dan tes digunakan untuk memperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa serta terlaksananya proses pembelajaran pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel menggunakan model Contextual Teaching and Learning. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis observasi, analisis angket, analisis ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar matematika siswa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada pokok bahasan bentu pertidaksamaan linear satu variabel pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang Bolak. Peningkatan yang terjadi adalah (1) pada tahap awal rata-rata 55 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 14.70%, (2) pada siklus I rata-rata observasi 66,32 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikalnya 44,12%, (3) pada siklus II rata-rata observasi menjadi 83,4 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 88,23%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Minat belajar matematika; Contextual teaching and learning; Pertidaksamaan linear dua variabel |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 08:31 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 08:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8451 |
Actions (login required)
View Item |