Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode driil and practic untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran bahasa indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 144 Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal

Nuh, Marwan (2023) Penerapan metode driil and practic untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran bahasa indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 144 Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah karena masih kurangnya keterampilan berbicara siswa serta kurang bervariasi metode pembelajaran yang diterapkan sehingga menjadi faktor kurangnya siswa dalam berbicara. Disamping itu, kebanyakan guru menggunakan metode ceramah dalam mengajar, sehingga siswa tidak berperan atau ambil andil dan ragu, malu mengungkapkan pola pikirnya dalam proses belajar mengajar. Untuk mengatasi kurangnya keterampilan berbicara siswa dengan mengunakan metode pembelajaran driil and practice diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Keterampilan berbicara pada hakekatnya marupakan suatu proses komunikasi yang dalam proses itu terjadi pemindahan pesan dari satu pihak ke pihak lain. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional dan bahasa resmi di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa yang menjadi standar di Negara Indonesia. Sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia tidak mengikat pemakainya untuk sesuai dengan kaidah dasar. Pada motode driil and practic atau peraktek dan latihan suatu cara pembelajaran yang tekhnik pengajarannya dilakukan secara berulang kali untuk mendapatkan kebutuhan yang di inginkan, dan motode driil and practice ini bertujuan supaya siswa menguasai keterampilan motoriknya Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode driil and practice yang berupaya untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dengan jenis penelitian ini, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian yang berupa siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 144 Longat yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode driil and practice , dan peneliti melakukan penilaian pada setiap siklusnya bukan pada setiap pertemuanya. Pada pra-tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang dengan persentase 32%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa dengan persentase 56%. Kemudian pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa dengan persentase sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Hj. Hamidah, M.Pd.
Keywords: Keterampilan berbcara; Bahasa Indonesia; Driil and practice
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:06
Last Modified: 01 Mar 2023 08:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8449

Actions (login required)

View Item View Item