Patimah, Nur (2023) Pengaruh teknik ice breaker terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran Kelas VIII Mts Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Kec. Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Hasil belajar siswa kelas VIII MTs Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Kec. Padangsidimpuan Tenggara pada mata pelajaran Matematika materi Lingkaran masih rendah. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan metode konvensional yang dilakukan guru, belum mampu meningkatkan motivasi siswa. Dengan kondisi pembelajaran yang demikian itu, maka memerlukan perubahan dalam pendekatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut seharusnya guru menerapkan teknik pembelajaran Ice breaker untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan teknik ice breaker terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran kelas VIII MTs Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Kec. Padangsidimpuan Tenggara?“.Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan teknik ice breaker terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Lingkaran kelas VIII MTs Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian Non Randomized Control Group Pretest Postest Design dimana dalam rancangan ini melibatkan 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTs Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Kec. Padangsidimpuan Tenggara tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 103 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi yaitu kelas VIII-A sebanyak 30 siswa dan kelas VIII-B sebanyak 30 siswa. kemudian instrument yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data digunakan rumus chi-kuadrat, Uji Homogenitas dan uji-t. Dari hasil pengujian diperoleh rata-rata kelas eksperimen yaitu 76,95 lebih baik dari pada rata-rata kelas kontrol yaitu 69,25. Sedangkan, dari analisis data menggunakan uji t diperoleh t hitung = 8,109 dibandingkan dengan t tabel yaitu dengan α = 5 % dan dk = (n_1+n_2-2)=58 maka diperoleh t tabel = 2,000. Karena t_hitung>〖 t〗_tabel, yakni 8,109 > 2,02, yang menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan teknik ice breaker terhdaap hasil belajar matematika siswa pada materi Lingkaran di kelas VIII MTs Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Kec. Padangsidimpuan Tenggara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Dr. Mariam Nasution M.Pd. |
Keywords: | Ice breaker; Hasil belajar; Lingkaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 02:58 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 02:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8430 |
Actions (login required)
View Item |