Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Marito (2023) Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya prestasi belajar siswa yang rendah. siswa menerima materi pelajaran dengan cukup baik tetapi pemahaman tentang konsep materi yang telah diberikan masih kurang. Hal ini bisa dilihat dari proses evaluasi secara lisan. Siswa membutukan waktu yang lama untuk bisa menjelaskan konsep dasar tentang materi yang telah diberikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara yang ditunjukkan kepada kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa serta observasi kegiatan guru Pendidikan Agama Islam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan cara memberi motivasi belajar siswa yaitu dengan memberi nilai, memberi tugas, memberi hadiah, memacu minat siswa. memberi bimbigan belajar. Sedangkan faktor-faktor yang memepengaruhi prestasi belajar pendidikan agama Islam ada dua faktor yaitu faktor internal ( faktor yang berasal dari diri siswa) yaitu aspek fisiologis yang sering dikenal dengan keadaan fisik dari siswa. aspek psikologis yaitu perhatian, minat, motivasi. Faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar siswa) seperti faktor lingkungan dan faktor instrumental (sarana prasarana seperti ruang belajar, media pembelajaran, guru, materi pelajaran strategi yang digunakan). Dalam menempuh suatu usaha tidak luput dari hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tentu harus didukung oleh beberapa hal seperti guru, materi, murid, sarana dan prasarana serta lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Fitri Rayani Siregar, M.Hum.
Keywords: Upaya guru pendidikan agama islam; Prestasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:43
Last Modified: 28 Feb 2023 02:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8428

Actions (login required)

View Item View Item