Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Angkola

Fajirah, Anni (2023) Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu kurangnya motivasi siswa untuk belajar, khususnya pada mata pelajaran matematika. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai pengaruh jenis gaya belajar terhadap hasil belajar matematika di kelas X SMA Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika di kelas X SMA Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas X SMA Negeri 1 Batang Angkola serta melihat perbedaan antara tiga gaya belajar (visual, auditorial dan kinestik) di kelas X SMA Negeri 1 Batang Angkola. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-MIPA 2 siswa SMA Negeri 1 Batang Angkola yang berjumlah 32 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, dan tes hasil belajar matematika. Analisa data Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara gaya belajar visual, auditorial dan kinestik terhdap hasil belajar siswa maka dihitung dengan menggunakan rumus analisis varian atau sering disebut anava satu jalan yang menghasilkan harga F. Kemudian untuk melihat perbedaan ketiga gaya belajar dilakukan uji lanjutan menggunakan rumus uji scheffe. Berdasarkan perhitungan Anava untuk taraf signifikansi 0,05, diperoleh nilai nilai F = 3, 515 dengan signifikansi 0,043 < 0,05 ,sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestik terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil uji lanjutan dapat diketahui bahwa hasil belajar dengan gaya belajar visual sama dengan gaya belajar auditorial, untuk hasil belajar dengan gaya belajar visual sama dengan gaya belajar kinestik, dan untuk hasil gaya belajar auditorial lebih tinggi dibandingkan dengan gaya belajar kinestik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd.
Keywords: Gaya belajar (visual, auditorial, kinestik); Hasil belajar matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:33
Last Modified: 24 Feb 2023 08:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8414

Actions (login required)

View Item View Item