Harahap, Aprilia Susanti (2023) Peranan guru baca tulis qur’an dalam mengatasi kesulitan membaca al-qur’an siswa kelas VIII di MTS Swasta NU Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100191.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya peserta didik MTs yang kesulitan dalam membaca al-Qur’an dengan baik. Kesulitan belajar merupakan masalah yang sering muncul dalam pendidikan, berdasarkan hal tersebut diharapkan guru dapat mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa agar tercapainya pembelajaran yang diinginkan. Kemampuan membaca al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting dalam kalangan umat Islam, maka guru harus terus berusaha memotivasi siswa agar semangat dalam mempelajari Baca Tulis Qur’an, kemampuan peserta didik juga tidak sama jika dilihat dari lingkungan dan latar belakang mereka yang juga berbeda-beda. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu Apa Peranan Guru Baca Tulis Qur’an dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Swasta NU Batang Toru. Apa kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam membaca al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Swata NU Batang Toru. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranaan Guru Baca Tulis Qur’an dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Swasta NU Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode observasi, yaitu mengamati proses pembelajaran membaca al-Qur’an di MTs Swasta NU, wawancara, dan dokumentasi, subjek penelitian ini adalah Guru, kepala sekolah, kurikulum, dan siswa dan untuk mengetahui data tentang keadaan guru, keadaan siswa dan sarana prasarana MTs Swasta NU Batang Toru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan Guru ialah sebagai Pengajar Pembimbing dan Pemotivasi agar peserta didik lebih giat dan mau untuk membaca al-Qur’an. Sampai sekarang guru di Mts Swasta NU masih tetap berusaha untuk menumbuh kembangkan minat peserta didik untuk membaca al-Qur’an. Kesulitan yang dialami siswa seperti pengenalan huruf hijaiyah yaitu huruf alif sampai ya, Cara membunyikan masing-masing huruf hijaiyah (makharijul huruf), tempat berhentinya bacaan al-Qur’an (Waqaf).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd. dan Dwi Maulida Sari, M.Pd. |
Keywords: | Guru baca tulis qur’an; Kesulitan membaca al-Qur’an; Siswa kelas VIII |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 02:45 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 02:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8406 |
Actions (login required)
View Item |