Rahayu, Sri (2023) Problematika guru akidah akhlak membina akhlak siswa di MTs. S Darussalam Simpang Limun Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari hasil observasi peneliti bahwa di MTs S Darussalam Simpang Limun Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan peneliti menemukan masih adanya siswa yang kurang baik akhlaknya seperti sopan santun, prilaku siswa, dan tidak disiplin pada peraturan sekolah, dan peneliti melakukan penelitian pada masalah ini agar dapat mengetahui apa saja problematika guru dalam membina akhlak siswa dan apa solusi dalam mengatasi problematika guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs S Darussalam yang masih ada kendala maupun hambatan dalam membina akhlak siswa sehingga pembinaan akhlak siswa masih belum maksimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apa saja problematika guru akidah akhlak membina akhlak siswa di MTs S Darussalam Simpang Limun dan bagaimana solusi terhadap problematika pembinaan akhlak siswa di MTs S Darussalam Simpang Limun. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui problematika guru akidah akhlak membina akhlak siswa dan untuk mengetahui solusi problematika guru akidah akhlak membina akhlak siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneltian kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data berupa Observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh dari guru Akidah Akhlak, kepala sekolah, dan siswa dan sumber pendukung lainnya. Data kualitatif dianalisis melalui mengorganisasikan data, menelaah data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Hasil Peneltian ini dapat disimpulkan bahwa problematika guru akidah akhlak membina akhlak siswa di MTs S Darussalam Simpang Limun dapat dilihat dari beberapa sisi yaitu: 1) faktor keluarga, 2) faktor lingkungan pertemanan siswa yang kurang baik, 3) pengaruh media sosial, 4) sarana dan prasarana yang kurang, 5) lingkungan seperti lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga, Solusi mengatasi problematika guru akidah akhlak adalah dengan 1) memberikan pengetahuan tentang akhlak 2)pembiasaan, 3) melengkapi sarana dan prasarana yang kurang, 4) mengciptakan lingkungan yang baik terhadap peserta didik,5) membangun sikap disiplin, 6) memberikan nasehat, 7)melakukan pengawasan. Adapun kesimpulan pada penelitian ini adalah problematika guru dalam membina akhlak di MTs S Darussalam yaitu Pertama Waktu untuk pembinaan akhlak masih kurang, Kedua Kurangnya kesadaran siswa terhadap pembinaan akhlak, Ketiga Kurangnya Pendidikan Agama Islam dari Orangtua. Dan adapun faktor penyebab munculnya problematika dalam mebina akhlak siswa adalah faktor keluarga, faktor lingkungan pertemanan siswa yang kurang baik, pengaruh media sosial, sarana dan prasarana yang kurang dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Nursyaidah M.Pd. |
Keywords: | Problematika; Guru akidah akhlak; Akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 02:24 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 02:24 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8404 |
Actions (login required)
View Item |