Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode kerja kelompok pada materi dzikir dan doa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan

Sapia, Nur (2018) Penerapan metode kerja kelompok pada materi dzikir dan doa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0291.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tema peningkatan kualitas pembelajaran PAI di kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan melalui penggunaan Metode Kerja Kelompok. Pengambilan tema tersebut berangkat dari satu pemikiran bahwa kualitas pembelajaran di sekolah, khususnya PAI yang masih kurang memuaskan. Penelitian ini mengangkat masalah keadaan awal pemahaman peserta didik terhadap pelajaran PAI pada materi dzikir dan doa, kerja sama peserta didik dalam pembelajaran PAI dengan memakai Metode Kerja Kelompok, dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan Metode Kerja Kelompok, sehingga penelitian ini diharapkan seyogyanya guru dapat meningkatkan mutu pembelajaran tindakan kelas.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas: perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini telah berhasil mendeskripsikan efektivitas penerapan Metode Kerja Kelompok terhadap peningkatan hasil belajar siswa antara lain: 1) mengubah keadaan awal pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran PAI pada materi dzikir dan doa itu sendiri, hal ini disebabkan metode kerja kelompok telah mampu menarik minat belajar peserta didik untuk terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran tersebut. 2) penilaian metode kerja kelompok telah mampu memupuk kerjasama antara peserta didik dan membacakan dalam proses pembelajaran, seperti mengerjakan tugas untuk membuat laporan di depan kelompok yang lain. 3) dengan diterapkannya metode kerja kelompok dalam proses pembelajaran dzikir dan doa terbukti telah menunjukkan hasil belajar yang lebih baik. Dengan adanya perubahan besar tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan Metode Kerja Kelompok hasil belajar peserta didik dapat lebih baik.Dengan catatan keberhasilan ini bukan semata-mata karena digunakannya metode kerja kelompok, melainkan semua komponen atau faktor-faktor lain yang pengaruhnya diperhatikan dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran secara konsekuen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan Islam; kualitas pembelajaran; metode kerja kelompok
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2020 06:36
Last Modified: 22 Apr 2020 06:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item