Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kursus mengemudi (studi kasus Aldho Center Course Padangsidimpuan)

Hasibuan, Abdul Hafiz (2022) Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kursus mengemudi (studi kasus Aldho Center Course Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang belum maksimal dilakukan pada perusahaan kursus belajar mengemudi mobil Aldho Center Course Padangsidimpuan sehingga sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan latar belakang masalah, menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap antara pengajar kursus mengemudi Aldho Center Course terhadap kepada pelanggan kursus belajar mengemudi mobil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kursus belajar mengemudi mobil di perusahaan Aldho Center Course Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang manajemen pemasaran. Konsep dan teori yang digunakan adalah yang berkaitan dengan kualitas pelayanan (tenaga kerja) perusahaan kursus mengemudi Aldho Center Course Padangsidimpuan, kepuasan pelanggan dan hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sumber data yaitu data primer dan sekunder, dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji hipotesis (uji t), uji R2 , dan uji analisis regresi sederhana dengan menggunakan statistik SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh hasil pengukuran koefisien determinasi (R2) sebesar 69%. Selain itu, hasil pengukuran parsial (Uji t) variable Pelanggan dan Pelayanan berpengaruh terhadap keputusan kursus belajar mengemudi mobil Aldho Center Course Padangsidimpuan dengan nilai thitung > ttabel (7,493 > 1,665).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A. dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si.
Keywords: Kursus; Mengemudi; Pelatihan; Pelayanan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:19
Last Modified: 09 Feb 2023 08:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8352

Actions (login required)

View Item View Item