Harahap, Izzin Muliani (2022) Pengembangan media geoboard untuk peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun datar di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran di kelas IV madrasah ibtidaiyah yang masih kurang maksimal. kurangnya penggunaan media yang tepat dan kurangnya pengembangan media dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa bosan, disamping itu guru menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Sehingga siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika dan menganggap matematika adalah pelajaran yang sangat sulit, sehingga menyebabkan aktivitas siswa dalam pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan media pembelajaran yang menarik serta dapat merangsang aktivitas siswa dalam belajar berupa media pembelajaran geoboard pada pokok bahasan bangun datar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana rancangan dan praktikalitas media pembelajaran geoboard untuk peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan bangun datar di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Depelopment, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan dengan subjek uji coba produk kelas IV berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket serta menggunakan teknik analisis validasi dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh 3 validator dari 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 90% (sangat valid), ahli media sebesar 90% (sangat valid), dan ahli Bahasa sebesar 91% (sangat valid). Hasil persentase dari ketiga validator tersebut sebesar 90% dengan ketegori sangat valid. Kemudian hasil angket respon siswa terghadap media pembelajaran geoboard yang dikembangkan dinyatakan praktis melalui lembar angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 66% dengan kategori praktis. Selanjutnya hasil observasi aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara aktivitas belajar sebelum menggunakan media pembelajaran geoboard dengan aktivitas belajar sesudah menggunakan media pembeajaran geoboard. Siswa dapat memanfaatkan media pembelajaran yang telah dikembangkan untuk bisa digunakan secara mandiri dan memahami konsep matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag. dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. |
Keywords: | Media pembelajaran geoboard; Aktivitas belajar siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 03:48 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 03:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8341 |
Actions (login required)
View Item |