Hasibuan, Fithrah Amaliyah (2023) Upaya meningkatkan pemahaman konsep KPK dan FPB melalui media dakon matematika Kelas IV SD Negeri 0303 Aekbargot Kecamatan Sosopan Kab. Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep KPK dan FPB. Dalam menentukan KPK dan FPB dari suatu bilangan cenderung monoton mengikuti apa yang telah disajikan di buku cetak yang dimiliki siswa. Pembelajaran matematika yang dilakukan masih berpusat pada guru dan pemberian tugas. Guru yang menejelaskan terlalu monoton dan tanpa inovasi maka perlu diadakan sebuah media guna untuk membuat siswa tertarik dalam belajar dan lebih memahami konsep dengan baik sehingga mereka lebih mudah untuk mengingat dan memahaminya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah media dakon matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep KPK dan FPB kelas IV SD Negeri 0303 Aek Bargot Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun sumber data dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 0303 Aekbargot yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi sedangkan data analisis dengan menggunakan tehnik diskriptif. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep KPK dan FPB pada siswa kelas IV SD Negeri 0303 Aekbargot dengan penggunaan media dakon matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa meningkat mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan hasil yaitu peningkatan pemahaman konsep dari data awal hasil pra siklus dengan rata-rata nilai siswa yaitu 56,25 sehingga meningkat pada siklus I yaitu rata- rata mencapai 73,43 dan meningkat pada siklus II menjadi 82,5 . Presentase ketuntasan pada awal hanya 31,25% atau sebanyak 5 siswa sehingga meningkat pada siklus I yaitu mencapai 62,5% atau sebanyak 10 siswa dan meningkat pada siklus II yaitu 87,5% atau mencapai 14 siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Dra. Asnah, M.A. |
Keywords: | Pemahaman konsep; KPK dan FPB; Media dakon matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 04:10 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 04:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8332 |
Actions (login required)
View Item |