Fahmi, Zul (2021) Gaya belajar pendidikan agama islam pada masa pandemi covid-19 siswa SMP Kelurahan Batunadua Jae Lingkungan II Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100084.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (20MB) |
Abstract
Belajar merupakan proses internal yang diukur melalui perilaku seseorang. Belajar adalah proses mencari dari apa yang tidak diketahui menjadi tahu, apa yang tidak dimengerti menjadi mengerti. Proses mencari tahu inilah yang dikenal dengan gaya belajar. Dalam proses belajar seringkali ditemui para siswa yang malas belajar dan mengalami kesulitan belajar. Hal ini bisa saja terjadi karena cara yang digunakan guru tidak sesuai dengan gaya belajar mereka, sehingga para peserta didik tidak bisa belajar dengan cara terbaiknya, dan bisa saja mereka tertekan dalam proses pembelajaran. Masalah gaya belajar ini ditambah yang mana pada awal tahun 2020, terjadi infeksi covid-19 yang menjadi masalah kesehatan dunia. Dampak dari pandemi covid-19, para siswa mengalami kesulitan dalam hal belajar. Setiap siswa dipaksa belajar secara daring untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus corona. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah gaya belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMP di masa pandemi covid-19 di Kelurahan Batunadua jae lingkungan II? Apa saja dampak pandemi covid-19 terhadap gaya belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMP di Kelurahan Batunadua jae lingkungan II? Bagaimanakah upaya mengatasi dampak pandemi covid-19 terhadap pembelajaran siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMP di Kelurahan Batunadua jae Lingkungan II ?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan penelitian studi kasus Penelitian studi kasus adalah sebuah metode penelitian yang secara khusus menyelidiki sebuah fenomena kontemporer yang terdapat dalam konteks kehidupan nyata, yang dilaksanakan ketika batasan-batasan antara fenomena dan konteksnya belum jelas, dengan menggunakan berbagai sumber data. Instrument penelitian ini adalah dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa Gaya belajar siswa SMP di masa pandemic Covid-19 yaitu virtual learning dan live streaming learning. Adapun dampak pandemi covid-19 terhadap pembelajaran yang dirasakan siswa yaitu dampak sosial dan kurangnya motivasi. Adapun upaya mengatasi dampak pandemi ini diantaranya a) dampak sosial yaitu harus adanya penetapan kurikulum darurat yang disederhanakan dan dipergunakan selama masa pandemi covid-19 dengan mempertimbangkan kondisi dan kemampuan si anak, dan b) kurangnya motivasi yaitu dengan meningkatkan kualitas pembelajaran, memilih metode yang tepat, memanfaatkan penggunaan media dan melakukan evaluasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Samsuddin, M.Ag. dan Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd. |
Keywords: | Gaya belajar; PAI; Covid-19 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 01:32 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 01:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8326 |
Actions (login required)
View Item |