Harahap, Hofifah Erinsahqy (2022) Pengembangan media pembelajaran geoboard (papan berpaku) untuk peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun datar di Kelas IV-A MIN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media yang tepat dan juga kurangnya pengembangan media dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan aktivitas siswa dalam pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan media pembelajaran yang menarik serta dapat merangsang aktivitas siswa dalam belajar berupa media pembelajaran geoboard (papan berpaku) pada pokok bahasan bangun datar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana rancangan dan praktikalitas media pembelajaran geoboard (papan berpaku) untuk peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun datar di kelas IV-A MIN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menemukan hasil rancangan dan praktikalitas pengembangan media pembelajaran geoboard (papan berpaku) untuk peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun datar di kelas IV-A MIN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Padangsidimpuan dengan subjek uji coba produk dikelas IV-A berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator dari 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 84% (sangat valid), ahli media sebesar 86% (sangat valid), dan ahli bahasa sebesar 88% (sangat valid), hasil persentase keseluruhan validator ahli sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Kemudian hasil angket respon siswa terhadap media pembelajaran geoboard (papan berpaku) yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis melalui lembar angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 84%. Selanjutnya hasil observasi aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara aktivitas belajar sebelum menggunakan media pembelajaran geoboard (papan berpaku) dengan aktivitas belajar sesudah menggunakan media geoboard (papan berpaku).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag. dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. |
Keywords: | Pengembangan; Media pembelajaran geoboard (papan berpaku); Matematika; Bangun datar; Aktivitas belajar siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 08:32 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8300 |
Actions (login required)
View Item |