Putri, Cici Dwi (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi nilai tempat melalui media kantong bilangan Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa di kelas II MIN 3 Padang Bulan, terutama Pada pelajaran Matematika. Disebabkan oleh jarangnya penggunakan media pembelajaran, sehingga siswa merasa kurang tertarik dengan pembelajaran yang dilaksanakan. Pada proses pembelajaran berlangsung siswa cenderung kurang memahami pelajaran tersebut. Kemudian proses pembelajaran juga belum optimal, karena penggunaan metode pembelajaran belum menggunakan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media kantong bilangan dalam pembelajaran matematika pada materi nilai tempat kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu? dan apakah dengan pembelajaran matematika melalui media kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan nilai tempat kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kantong bilangan dalam pembelajaran matematika pada materi nilai tempat kelas II MIN 3 Padang Bulan, dan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa materi Nilai Tempat mata pelajaran matematika kelas II MIN 3 Padang Bulan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang berisi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MIN 3 Padang Bulan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa, wawancara, dan observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa. Pada kondisi awal sebesar 46,8, setelah dilaksanakan pembelajaran dengan penggunaan media kantong bilangan pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 50,4. Siklus I pertemuan ke-2 sebesar 61,6. Sikus II pertemuan ke-1 sebesar 74,6. Siklus II pertemuan ke-2 sebesar 81,6. Dan persentase ketuntasan siswa setiap siklus sebagai berikut: pra siklus sebesar 32%, siklus I pertemuan ke-1 sebesar 36%, siklus I pertemuan ke-2 sebesar 40%, siklus II pertemuan ke-1 sebesar 60%, siklus II pertemuan ke-2 sebesar 84%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Zulhammi, M.Ag. M.Pd. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd. |
Keywords: | Hasil belajar kognitif; Media kantong bilangan; Materi nilai tempat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 08:25 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8299 |
Actions (login required)
View Item |